Jika Istri Lebih Tua dari Suami

Umumnya masyarakat cenderung memberi penilaian negatif kepada wanita yang menikah dengan pria yang lebih muda. Bermacam persepsi pun dilayangkan kepada hubungan asmara seperti ini. Mungkin ini saatnya kita belajar untuk melihat sisi positif hubungan asmara dimana usia suami lebih muda daripada istri.

Wanita yang berhubungan atau menikah dengan pria yang lebih muda sering dianggap ‘tidak normal’. Rumah tangga semacam ini juga dianggap berpotensi besar menghadapi masalah. Benarkah demikian?

Berikut beberapa hambatan yang seringkali dialami pasangan dengan jarak usia cukup jauh:
1. Anggapan Miring
Banyak orang terutama kaum wanita sendiri yang menghindari dan memandang negatif menjalin asmara dengan pria yang lebih muda. Banyak kisah asmara yang sejenis kandas di tengah jalan, karena hambatan dari dalam diri sendiri, tentangan dari banyak orang, terutama dari orangtua, dan anggapan negatif dari masyarakat. Bahkan, gejala ini juga mendapat label yang seolah-olah ilmiah, oedipus complex, seakan-akan hubungan asmara antara wanita lebih tua dengan pria lebih muda adalah gangguan mental.

Anggapan masyarakat terhadap hubungan asmara seperti ini, juga pada masyarakat Barat yang konon lebih liberal, yang memang kurang menguntungkan cukup tergambar dengan jelas. Contohnya, lihatlah film Mrs. Robinson yang menggambarkan pahitnya hubungan cinta bila si wanita jauh lebih tua dari prianya. Sebaliknya, film Pretty Woman misalnya, yang menggambarkan kisah asmara yang ‘umum’ ‘pria lebih tua dari wanitanya’ penuh dengan adegan manis dan berakhir bahagia.

Tapi jangan buru-buru melabel seseorang berkencan dengan ‘daun muda’ bila usia mereka hanya terpaut 2 atau 3 tahun saja. Biasanya yang disebut perbedaan usia yang jauh adalah bila jarak usia mereka di atas 10 tahun.

2. Masalah Kesenjangan
Menurut para pakar sex dan keluarga, anggapan miring masyarakat bukan satu-satunya masalah ketika seorang wanita mencintai pria yang lebih muda. Mereka juga memiliki masalah internal yang lebih besar, yaitu kesenjangan usia mereka sendiri. Perbedaan usia “apalagi jika perbedaannya terlalu jauh” bisa berarti perbedaan gaya hidup dan juga energi.

Pria lebih muda cenderung membutuhkan aktivitas yang bagi wanita berumur terlalu menghabiskan energi, misalnya kongkow di kafe bersama teman-temannya. Sementara wanita yang lebih tua cenderung melakukan aktivitas yang lebih tenang, yang bagi pria muda terlalu membosankan, misalnya membaca buku di rumah. Perbedaan pilihan aktivitas itu saja, papar Sherven, cukup berpotensi menimbulkan konflik.

3. Persepsi Daya Tarik
Faktor hambatan lainnya, yang paling berbahaya, adalah persepsi wanita terhadap daya tarik fisiknya. Wanita, apalagi yang sudah menjelang masa menopause, sering berpikir dirinya tidak menarik lagi. Sehingga, mereka cenderung curiga jika ada pria yang lebih muda mendekatinya.

Selain itu, body lmage negatif juga merugikan wanita sendiri. Jika Anda berpikir Anda sudah tidak menarik lagi, Anda sudah setengah jalan menuju hilangnya daya tarik Anda. Dan, anggapan yang menyatakan wanita lebih cepat tua jika menikah dengan pria yang lebih muda bisa jadi kenyataan.

Pasti Ada Positifnya
Jika Anda terlibat hubungan seperti itu, dan merasa terganggu, jangan menyerah. Jalan yang paling mudah adalah dengan terus berpikir positif. Dan memang, hubungan semacam ini memang memiliki banyak segi positifnya. Misalnya:

1. Perbedaan antara Anda dan si dia yang lebih muda bisa memperkaya kualitas hubungan. Misalnya, wanita yang lebih tua bisa membagi pengalamannya yang mungkin lebih kaya, sementara si pria yang lebih muda memberi ide-ide serta semangat baru.

2. Anda memberinya ‘perlindungan’. Memang ada beberapa pria yang lebih menyukai hubungan dengan wanita lebih tua yang lebih matang dan berpembawaan tenang. Mereka umumnya berpendapat wanita seusianya atau yang lebih muda terlalu banyak bicara dan masih labil.

3. Dengan sikap yang tepat, hubungan dengan pria yang lebih muda bisa membuat Anda ‘awet muda’. Pria lebih muda yang mencintai Anda yang mulai khawatir karena kulit mulai tak kencang lagi, bisa menambah rasa percaya diri.

4. Berlawanan dengan anggapan umum, hubungan cinta seperti ini bisa berhasil, asalkan Anda berdua menyadari dan menerima bahwa Anda berdua memang berbeda.

The Older, the Better
Sementara ada beberapa kondisi yang menurun seiring dengan bertambahnya usia, beberapa kondisi lainnya justru membaik. Kabar baiknya lagi, kondisi yang membaik tersebut adalah hal-hal yang justru sering dianggap pria sebagai kelemahan wanita berusia muda. Apa saja itu?

1. Sex
Wanita yang lebih tua seringkali lebih terbuka dalam masalah sex dan juga lebih mampu menikmatinya dibanding wanita yang lebih muda. Lagi juga berdasarkan beberapa penelitian, puncak energi seksual wanita justru dicapai pada usia pertengahan 30-an sampai awal 40-an. Hasrat sex tersebut bahkan lebih besar lagi jika wanita bersangkutan sudah mencapai puncak karirnya atau mapan secara finansial. Karena itu, wanita berumur merupakan pasangan sex yang tepat bagi pria muda yang justru memuncak hasratnya di usia yang relatif lebih muda.

2. Sikap Hidup
Pengalaman adalah guru menuju kebijakan, kata sebuah pepatah. Maka tak heran jika wanita yang lebih tua cenderung memiliki pandangan dan sikap hidup yang lebih positif, serta lebih bijak dibanding wanita muda. Sikap ini sangat menguntungkan, karena pria muda yang sedang menggebu-gebu semangatnya mengejar impiannya membutuhkan tempat ‘berlabuh’, seseorang yang mau mendengarkan impian dan harapannya, serta memberikan simpati dan dukungan saat ia gagal.

3. Menghargai Hidup
Bertambahnya usia sering mengingatkan seseorang betapa makin dekatnya ia dengan saat terakhir dalam hidupnya. Hal tersebut seringkali membuat wanita lebih tua makin menghargai hidupnya, dan setiap pengalaman yang dialaminya. Dengan begitu, mereka lebih dapat menghargai cinta yang diberikan seorang pria, apalagi yang lebih muda, dan membalasnya dengan sepenuh hati. Pikiran wanita muda yang masih ‘bebas’ cenderung membuat mereka tak mampu membalas cinta pria sebesar wanita yang lebih tua.

Beberapa kiat menjaga hubungan cinta berumur dengan pria yang jauh lebih muda, yaitu :
1. Menjaga penampilan Anda, terutama sekali dengan membuang jauh-jauh perasaan negatif terhadap penampilan fisik.

2. Tonjolkan kelebihan non-fisik, karena Anda tentu tak bisa menyaingi daya tarik fisik wanita yang lebih muda. Misal, dengan menunjukkan pengertian dan dukungan penuh pada ambisi pacar atau suami Anda yang lebih muda.

3. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup atau aktivitas suami bila Anda tak menyukainya. Tunjukkan saja kalau Anda memberinya ruang untuk berekspresi sesuai usianya, walau Anda mungkin kurang berminat.
Sumber: Astaga!Com

~ oleh admin pada 25 Mei 2007.

26 Tanggapan to “Jika Istri Lebih Tua dari Suami”

  1. Wah mantep nih artikelnya…Jujur saya laki2 muda dan entah kenapa suka sama wanita yang lebih tua…nggak tau entah kenapa suka aja…kalau dibilang cantik sih nggak…cuman saya merasa tenang aja kalo ada di dekatnya…udah gila kali daku nih….

  2. manteb..jadi bersemangat nih…calonku diatasku 3 taon niy…(^_^)

  3. sebelum baca artikel ini sy dah ngejalani hubungan dng wanita yang lebih tua sekitar 4 bulan, emang klop bgt semua yang ditulis di artikel ini, ya klo gw sih prinsipnya jalani aja apa yang ada dengan tetap berpikiran positif. Makasih

  4. thx atas sarannya…
    saya punya istri yg jauh lebih tua 7 tahun dr saya dan setelah membaca artukel ini saya menjadi makin cinta padanya.
    Terserah apa kata org, jalani apa kata hati loe…
    Tuhan mempunyai rahasia2 tersendiri bagi hambaNya

    • maaf mas. sy mau tanya bagaimana kehidupan rumah tangga anda. masalahnya sy senasib dengan anda.cuman belum menikah .bagaimana dengan orang tua,kerabat dan teman2 anda.makasih atas penjelasannya.tolong di-email ke email saya agushero55@yahoo.com

  5. setelah baca artikel ini, saya jadi bisa lebih berpikir positif lagi dan yakin dapat menjalani hubungan dg kekasih saya yg terpaut 3 th lebih smpe jenjang yg lebih serius. jujur saja baru pertama kali ini saya menjalani hubungan seperti ini, tentunya kami menjalaninya secara backstreet.

  6. Umur bukan halangan untuk ssorang dalam menjalankan suatu hubungan, apalagi dalam hal ini sang wanita mungkin lebih tua umurnya dr pd laki2, kalau sudah suka & saling menyayangi mau dibagaimanakan lagi? Toh tuhan sudah menentukan yang terbaik utk umatnya

  7. wah artkel yang bagus..
    cw gw lebih tua 10 tahun dr gw..kita udah 1 th pacaran..
    gw jd merasa yakin utk ke jenjang yg lebih serius

    • maaf mas saya mau tanya tentang perjalanan cinta anda. sy juga punya pacar lebih tua dari sy. bagaimana dengan orang tua ,kerabat dan teman2. jujur saja saya sedang bingung setelah sy menjelaskan yg sebenarnya sama orang tua sy. sudah hampir 2 tahun sy pacaran. makasih atas penjelasannya. tolong di-email ke email sy agushero55@yahoo.com.

  8. siiiippp lah….. calon gwe lebih tua dari gwe 15 th….tapi aku mrasa enjoy bahagya dan nyaman bersamanya…..

  9. thank ya…
    calon gw lebih tua 2 taon…
    tapi gw lebih damai n tentram kalo lg ma dia dibandingkan waktu pacaran ma yang usia seumuran and dibawah, brantakan trus….
    sekarang gw yakin mo lanjutin…….
    i dont care the world…
    world is ours….

  10. hehehehe setuju sih,,soalnya calon istri sya jg 6 tahun lbih tua dr saya… meski pda awal hubungan kami mertua saya,dan bahkan ortu saya sndiri amat sangat kurang setuju dgn pilihan sya,namun seiring dengan berjalannya waktu,dan kerasnya usaha saya meyakinkan mereka,akhirnya mereka dapat menerima saya dengan tangan terbuka…. buat teman2/saudara2 saya yg ingin berteman atau berbagi cerita,silakan kirim email anda ke,imam_masrufi@ovi.com atau add saja facebook saya… makasih,wassalam

  11. wah melihat komen temen2 di atas ternyata banyak juga ya temen seperjuangan, calonQ 3th lebih tua, let enjoy our life

  12. Thanks pencerahannya…pasanganku juga diatasku 3,5tahun…

  13. calon istriku juga 2 tahun lebih tua.. gpp brarti yah?

  14. cewe gw lebih tua 5 tahun tapi enjoy ajaaaaaaahhhh…..uye!!!

  15. aku juga sedang menjalin hubungan yang serius dengan wanita yang 3 tahun lebih tua dari aku. dalam pikiranku memang ada rasa khawatir akan hubungan sex setelah menikah nanti, yaitu tidak bisa saling memnuhi kebutuhan sex.

  16. Istri yang lebih tua memang lebih baik dari yang lebih muda,
    karena sikap pemahaman dari istri yang lebih tua lebih berwawasan dibanding istri yang lebih muda. kita pria memang lebih baik berguru kepada yang lebih tua, baik ilmunya ataupun sikap hidupnya.

  17. ,,,saya pernah mendengar suatu studi ttn usia istri yang lebih tua dr suami. adapun salah satu kesimpulan dari penelitian tersebut ,mrnyatakan bahwa ” Jika usia istri lebih tua dari suami maka kecenderungan bagi suami untuk menderita asam urat akan lebih tinggi, disebabkan urat-urat kemaluan jarang mengalami kontraksi akhirnya urat-urat sendi yg terganggu..” betul gak sih …?

  18. hehehe alhamdulillah… setelah perjuangan panjang… insya allah ane tahun ini merrit,,, bwt temen2 sejawat… doain ane ya…. klo mo suuport or just be a friend ane contagt aja imam_masrufi@ovi.com

  19. Makasih bnget ma komenya. Mg aj mu yg buat d beri ksehatan dn pnjang umur slalu. Aduh tmbh smangat q ngjalanin hbungan ni,thank.

  20. Aku pernah menjalani hubungan dengan wanita yg umurnya 2 thn di bawah aku selama 9 tahun. Tapi pada akhirnya harus kandas juga ditengah jalan karna restu orang tua. sudah 2 bulan ini aku kenal dan deket dengan wanita yang usianya 3 thn 8 bulan diatas aku. tapi bener, aku merasa jauhhhh lebih nyaman dengan wanita yang lebih tua. karna lebih dewasa dalam bersikap dan lebih mengerti kita. soo, bagi temen2 semua. Our happiness is in our hands, do not let the others ruin it.

  21. senang kali aku habis baca artikel ini… sempet putus, tp jadi dibangkitkan motivasiku kembalii.,,, I LOP YU PULLLL

  22. hmmmmm,klo aku suamiku lbh tua dr aku 10th

  23. calon suami saya jauh lebih muda 9 thn dr saya, kmi sdh berhubugn hampir 2 thn, tp sampe skrng calon ibu mertua msh tidak mau menerima saya,,,mohon saran temen – temen , thnks

  24. artikelnya bagus banget…saat ini aku lg di kejar2 pria yg usianya 8 taon lbh muda dan super duper ngeyel….bisa buat nambah wawasan dan ga ada salahnya buka hati utk pria yg lbh muda dan tidak meng”under estimate” bahwa yg muda tidak tau apa2 dan tidak bisa berpikiran dewasa. Karena pd kenyataannya sering pula pria berumur tapi pola pikir dan kelakuan tidak sesuai dengan umurnya. thx

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: