Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak

Nyeri kepala adalah nyeri yang paling banyak dikeluhkan penderita selain nyeri pinggang saat berobat ke dokter, dan nyeri kepala merupakan gejala awal yang diderita sekitar 30 persen pederita tumor otak.

“Gejala tumor otak tergantung letak dan kecepatan pertumbuhannya. Namun gejalanya muncul secara tersamar yang biasanya dimulai dengan gangguan mental ringan yang hanya dapat dirasakan oleh orang yang berhubungan dekat dengan penderita, seperti mudah tersinggung, emosinya labil, pelupa, lamban dan kurang inisiatif, serta depresi,” kata dokter ahli saraf di Lampung, dr Ruth Mariva SpS di Bandarlampung, Sabtu.

Dalam seminar sehari tentang nyeri kepala yang diselenggarakan RS Imanuel Way Halim, di Bandarlampung itu, Ruth mengatakan nyeri kepala biasanya sulit digambarkan dan bervariasi, mulai dari yang ringan dan episodik sampai berat dan berdenyut atau meletup, yang umumnya bertambah berat pada malam, saat bangun pagi dan saat perubahan posisi.

Pada awalnya, nyeri kepala tumor disebabkan pembengkakan lokal sekitar tumor atau akibat kerusakan pembuluh darah sekitar tumor, dan akhirnya disebabkan oleh tekanan tinggi di dalam kepala.

Selain nyeri kepala, katanya, pada tumor otak juga ditemukan gejala mual muntah terutama jika lokasi tumor di bagian belakang, kejang- kejang, dan mengalami gangguan penglihatan dan kelemahan saraf lainnya.

“Penderita biasanya datang ke dokter dengan keluhan nyeri kepala di daerah depan (dahi) dan kepala belakang, yang biasanya sudah berlangsung lama dan progresif,” katanya.

Berdasarkan penelitian IHS (International Headache Society) tahun 1988 dan disepakati oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), terdapat 13 kelompok nyeri kepala, di antaranya adalah migren, nyeri kepala tipe tegang, nyeri kepala akibat trauma kepala, nyeri kepala akibat infeksi, dan nyeri kepala akibat gangguan metabolik.

Jika dilihat dari waktu dan lamanya serangan, nyeri kepala dapat dibagi atas nyeri kepala akut dan kronis.

Menurut dr Ruth, nyeri kepala akut dan hebat memerlukan penanganan segera karena merupakan gejala dari penyakit- penyakit berbahaya, seperti penyakit pada pembuluh darah otak (stroke, thrombosis, hipertensi maligna), infeksi otak ( meningitis, ensefalitis, abses) dan keracunan karbon monoksida.

Disebutkannya, kebanyakan nyeri kepala merupakan gejala yang ringan, namun dapat juga sebagai gejala suatu penyakit yang serius atau berbahaya, misalnya apabila nyeri kepala hebat secara tiba-tiba, bertambah berat dan progresif, disertai kejang dan pingsan, terjadi saat aktifitas dan gangguan penglihatan.

Ruth menambahkan , nyeri kepala harus ditangani secara komprehensif, tidak hanya mengobati gejala/ keluhannya saja dengan memberikan obat penghilang nyeri, tetapi juga dengan mendeteksi dan menyingkirkan penyebab terjadinya keluhan tersebut.

Penggunaan obat nyeri kepala yang tidak tepat dan berlebihan akan menimbulkan ketergantungan dan nyeri kepala susulan yang berkepanjangan.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebutkan bahwa 20 persen pasien yang berobat ke Poliklinik Saraf RS Imanuel Bandarlampung, Januari- Juni 2007, adalah penderita nyeri kepala. Sekitar 65 persen penderitanya adalah wanita dan lebih dari 50 persen menderita nyeri kepala tegang.
(*)@Antara

About these ads

~ oleh admin pada 24 Juli 2007.

71 Tanggapan to “Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak”

  1. Dok,aq pnya seorg tmen. Dy tdk mw mberiyahukan yg pnyakit dy. Tp q mlihat gjala2 aneh pd dy sprti: mi2san dlm sminggu bs 4x ato lbih, srg pngsan, buta warna, pelupa.
    Dy dlm sehari hnya mkan 1x, tdur tdak lbih dari 3 jam. Aq srg bget nsehati dy. Tp dy tdk nw dngar….
    Slain it q tw 1 pnyakit lg yg dderita oleh nya yaitu PARU-PARU BASAH.
    Ap brti dy mndrita tumor otak???
    Jka iy ap yg hrus aq lkukan???

    Klo qt sring skit kpala d blakang kpala. Srasa urat d trik2. kdg skit nya hnya sblah knana ato kri. Skit ni bs mnyarang tiap hri. Kdang smpai membwt mta qt skit….
    Skit ap???

    Thx ats jwbn nya.

  2. Mas.. bagaimana mengobati tumor otak tapi tanpa operasi..?
    Apa ada jalan lain yang sudah pasti dapat mengobati atau setidaknya memperkecil tumor di otak..?

    Terima kasih sebelumnya..

  3. aku sering sakit kepala.sama seperti gejala yang aku baca diatas. aku sampai sekarang masih bertahan walau harus menahan rasa sakit, dan aku pernah sakit kepalaku seperti kehabisan oksigen & aku nggak bisa bernafas. kayak orang mau mati aja.

  4. Dri informasi d atas,
    apkh gejala ini trmasuk gjala tumor otak:
    saya mau brtanya,saya sering mengalami skit kpala yg sngt skit,jika kmbh rasa nyeri ini sngt gk trthankn..Rasany ingn membenturkn kepala ke dinding
    Truz saat saya msuk kuliah sya tdk bs menangkp kata2 dosen pdhl dlu cpat bgt n aq mlai cpt lupa dgn apa yg aq ucpkn..Truz sya pernh sempat pusing hmpr pngsn tp sy bs than,
    saya jg kdng2 mlz n gak napsu mkan,kaki saya jg keram2 n cpat gmpng cpe
    ohy dlu sya pernh d operasi tumor rahim atw bs dblg kista pdhl sy skrg bru brumur 19thn bskh i2 jg menjd fktr pnykt ini??
    Truz apa yg hrz sy lakukn?

  5. obat alami nya ada ga yuupzzzz?

  6. Dok..Sy jg sprti pndrita2 d ats..
    Sy srink. Pusink. Pd saat sy lht tv smbil tdur2an, sy slalu pusink . .
    Kalau saya lg skt flu+batuk, saya slalu pusink..
    Stiap bngun tdr. Saya jg pusink..
    Saya terkena apa dok?Apa yg hrz saya lkukan tnpa oprasi..

  7. mas tolong kasih tips biar bisa terapi tumor otak untuk di rumah, sebab teman saya kena tumor otak. pliz di jawab

  8. Mohon petunjuknya, adik saya kena Tumor Otak dan sekarang sedang dirawat di RS Keramat Jati. Apa yang bisa saya bantu?? Obat secara psikologisnya bagaimana? Mohon petunjuknya.

    Terima Kasih.

  9. Saya sering nyeri kepala seperti yang disebutkan diatas. Tapi tidak pernah saya minum obat dari warung atau berobat kedokter. itu hilang dengan sendirinya. Setelah saya baca disini saya jadi khawatir akan penyakit itu.Pas saya nulis inipun saya agak pusing2 terutama dibagian belakang kepala. Baiknya saya harus bagaimana ?

  10. Mohon penjelasan dan jawabannya…
    Saya sering migrain disertai dengan muntah dan mual, sampai berdenyut keras.beberapa orang terdekat saya mengatakan bahwa akhir2 ini saya sangat labil,bahkan ada yang bilang bahwa saya mengalami kelainan, bukan seperti saya yang dulu. kadang depresi, menangis, marah, kecewa seperti yang dijelaskan diatas, dan saya tau saya menyadari itu, dalam hati kenapa saya yang sekarang seperti ini.saya pernah sering ke dokter dan obat yang diberikan juga adalah obat racikan karena obat yang biasa dijual dipasaran tidak terlalu efektif.oleh dokter tersebut saya diberikan 2 surat pengantar, yaitu lab dan ct scan, namun baru lab saja yang saya lakukan. dari hasil lab dilihat dari nilai rujukan, semua standard, hanya ada yang saya pertanyakan, nilai rujukan untuk monosit harusnya 0, tapi hasil untuk lab saya 4. apakah itu berbahaya? karena dari hasil browsing yang saya tahu, monosit itu terjadi karena kekebalan tubuh menurun atau karena penyebab lain seperti kanker.
    mohon informasinya segera.Thx

  11. saya wanita 21 tahun
    saya mau menceritakan sedikit yang saya rasakan selama ini dok…
    saya sering sakit kepala, atau bisa dibilang nyeri kepala yang sering juga disertai mual dan muntah.
    saya pikir itu VERTIGO. Jadi sakit itu sudah menyerang saya langsung istirahat cukup dari biasanya.
    Saya orangnya juga sangat pelupa.
    Saya merasa heran dengan kelupaan saya ini.
    Karena sebelumnya daya ingat saya masih tajam dari sekarang.
    Yang saya tanyakan sampai saat ini, kenapa sakit kepala saya itu masih saja berlangsung sampai sekrang ini.
    Kurang lebih 5 tahun.
    Mungkin bisa membantu terimakasih…

  12. dok,,saya juga sering mengalami nyeri pada kepala,,
    tapi tidak sampai terlalu hebat,rasanya seperti ada denyutan yang sangat menekan kepala,,dan juga terkadang suka pusing tiba2,,
    apakah itu merupakan gejala tumor otak??
    terima kasih,,

  13. SAYA JUGA SAMA TERKADANG NYERI YANG SANGAT HEBAT,SEJAK KECIL SAYA JUGA NYERI KEPALA TERKADANG MUAL MUNTAH TAPI SEJAK SAYA MWENGIJAK DEWASA Alhamdulilah ga terasa pusing banget tapi terkadang nyreri juga klo terdapat masalah.Menurut pendapat saa lebih baik saudara sering refesing kealam yang alami exsample laut or pegunungan dengan cara relaksasi.makasih tetep semangat.

  14. dok saya terkadang mengalami keram di kepala,apa ini adalah salah satu gejala dari tumor otak,terima kasih

  15. ibu saya sakit sudah lama kepala bagian belakang kadang2 suka pindah2 pusingya bagai mana si cara mengobati tan pa oprasi ?

  16. saya jg srg skt kpla sblh kr…tp tnpa dbr apa2 lgsg smbh

    tp bbrp hr berulang lg.

    mgkn krn kpla sy prnh ktutuk kayu,tp g sy prikskn

    apa sy terkena tumor otak?

    thanks b4

  17. dok,,,saya punya penyakit sakit kepala yang udah sejak SMP smpe sekarang saya kelas XI.Rpusing itu terasa di bagian pangkal kepala belakang saya,,,tepatnya di atas tengkuk.
    setiap habis ujian,entah mid atau apa pasti langsung kerasa sakit.
    sebenarnya saya juga punya darah rendah sih,,,tapi sakit kepala yang saya rasakan selalu aja terjadi.
    udah pernah periksa ke dokter tapi katanya cuma sakit kepala biasa karena kecapekan.
    setelah minum obat sih berkurang tapi setelah obatnya habis pasti kumat lagi.
    rasanya sakit kepala yang saya rasakan seperti merambat ke mata,padahal pandangan saya juga masih normal.
    saya pasti selalu kepikiran dengan yang enggak2?
    sebenarnya penyakit apa yang saya alami???

  18. Tunagan saya kena kanker payudara stadium 3, sudah pengobatan selama 2 tahun lebih. Sudah diangkat payudaranya sebelah kanan dan sudah mengikuti kemo berkali2. Sekarang masuk rumah sakit karena mengalami kejang2, dan suka mengeluh karena sakit kepala. Saya suka mijitin bagian dahinya. Sampai tuk membuka matanya susah sekali, seperti berat banget. Setelah di cityscan, diketahui di kepalanya ada semacan endapan atau semacamnya. Apakah itu tumor otak??Kok bisa kena tumor otak ya, apakah ada pengaruhnya karena sebelumnya kanker payudara? Saat ini ikut terapi radiasi yang direncakan sebanyak 20x…Efek dari radiasi itu apa ya?Mohon pencerahannya..Terima kasih banyak…

  19. dok,saya sering sakit kepala dan serasa mau pecah dan kalau saya tdk tahan saya selalu pingsan. saya sering bolak-balik rumah sakit dan diberi perwtan inap. tensi darahku sempat menurun ,saya juga sempat EEG dan tau-taunya diblkg saya dokter mengatakan itu adlh tumor tetapi cT scan lain juga, tapi apa yang saya rasakan sangat2 hebat dari saya berumur 10 thn sampay skrg. sebenarnya saya sakit apa dok coz kpla bagian belkangku trsa da dkit benjol,mohon bantuannya. thanks.

  20. saya sring bget kt kepala,dan menimbulkan penurunan kesadaran atau biasanya saya kalo sdh sakit banget tak jarang disertai pingsan. hasil EEG mengatakan adlah tumor otak,dan mataku udah mulai kabur2. kurang nfsu makan,pokoknya banyak perubahan yang terjadi didlm diri saya,yang mulai pelupa berat yanh klo mau diblg amnesia ringan dah mulai terjadi. mohon bantuan. coz tekanan darahku juga kadang naik-turun,saya juga sering keluar masuk rumah sakit, hsl ct-scan nihi jg.sebenarnya saya ini sakit apa yah?.thanks

  21. Hy dok…Saya Rafli Saya Pengen tanya ne sm dokter..Saya ko Kalau sakit kepala Itu bisa lebih dr 1 hr smbhnya…yg saya rasakan nyeri di kepala yg tidak tertahankn…Apa si gejala awal dr tumor otak dok???Apakh yg sy rasakn ini sama dengan gejala tumor otak dok…saya sudah merasakn sakit ini dr 5thn yg lalu…

  22. Dok akuPunya tante yang difonis dokter terkena tumor Otak dan dia sudah meninggal mungkin karena dari keluarga telat dalam penanganannya, karena kami memang tidak menyangka akan hal itu, kejadiannya sudah hampir 2 minggu yang lalu, tanteku memang salalu mengaku sakit kepala terus ya gejalanya memang mirip dengan uraian diatas, karena kami memang tidak memikir kearah itu, keluarga hanya tau sakit kepala biasa karena ketika dibawa kedokter, dokter hanya memberikan obat pengurang rasa sakit ya setelah di konsumsi obatnya sakitnyapun berkurang dan hilang tapi itu berklangsung terus-menerus hingga pada akhirnya setelah dibawa kerumah sakit yang memiliki alat scane barulah ketahuan kalau dia mengidap tumor otak itupun setelah dia mengalami koma dan akhirnya meninggal.
    yang mau aku tanyakan Apakah Tumor otak Bisa Menuruni anggota keluarga yang lain..? karena Ibu aku juga selalu mengeluh sakit kepala.Jika bukan karena keturunan Sebenarnya sebab utama apa yang memicu Timbulnya Tumor Otak..?

  23. sekedar wacana buat kita semua berdasarkan apa yg sudah di alami tunangan saya.setahun yg lalu dia sudah sering mengeluh kepada saya kalau kepalanya sering nyeri dan dia hanya memberi obat penghilang nyeri, hingga pd tgl 13 april dia mengalami sakit yg amat sangat dibarengi muntah-muntah dan segera di larikan ke RS PKU Muhammadiyah cepu. menurut dokter yg menangani, tunangan saya sakit tipus karena demam nya tinggi…tetapi sampai dengan 1 minggu tidak mengalami kemajuan yg berarti, malah tunangan saya sering mengigau seperti kemasukan jin dan syaraf kedua matanya sudah mulai ketarik…ya kesadaran tunangan saya sudah menurun dan penglihatannya sudah mulai tidak fokus,bahkan akhirnya dia sendiri mulai tidak bisa berjalan.akhirnya saya putuskan utk membawa ke rumah sakit di surabaya….setelah 1 jam di runah sakit di surabaya..dokter yg menangani memberitahukan kepada saya bahwa tunangan saya terkena tumor otak parah…memang benar, selama 2 hari di surabaya,nyawa tunangan saya tidak tertolong…
    saya sangat menyesal karena selama ini saya tidak tanggap dengan keluhannya karena mungkin saya meremehkan nyeri yg dia alami…saya mohon kepada semuanya, bila temen-temen merasakan nyeri kepala, segera periksakan ke dokter….cukup saya yg menyesali dan jangan sampe anda mengalami penyesalan seperti saya…. terima kasih wassalam

  24. Dok,akhir2 ini saya sering pusing2..
    detak jantung saya kalau mau tidur berdetak cepat,pandangan saya kurang jelas,terkadang bangun tidur terasa sesak di ulu hati…
    kira-kira saya sakit apa ya dok?
    mohon solusinya

  25. saya ska pusing2…terkadang saya marah2 sndri…
    dan pda saat sayatidurk’esokan pagi’a saya bangun tetapi pengliatan saya hilang smua sejenak….
    apkh ini tumor?
    mhon bantuan’a..

  26. [...] Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak 26 05 2009 [...]

  27. dok, sejak 2 tahun yang lalu saya menjadi pelupa. bahkan terkadang saya lupa aktivitas yang saya lakukan sehari sebelumnya dan juga makanan yang telah saya makan. selain itu saya tidak dapat mengenali jalan di suatu tempat yang baru saya datangi.
    kadang kepala saya kesemutan. teman2 dekat saya juga mengatakan bahwa saya akhir2 ini mudah tersinggung dan gampang depresi.
    gusi saya berdarah setiap kali saya pusing ataupun sakit kepala
    apakah ini tumor otak?
    biasanya berapa lama perkembangan tumor dari awal gejala sampai tumor yang parah?

  28. Berikut saya cantumkan beberapa link untuk mengobati Tumor dan Kangker menggunakan Herbal dan tanpa Operasi, beberapa hari ini saya juga merasakan pusing yg tidak biasa,sering denyut2 pindah2, tapi saya coba pengobatan Nabi Muhammad SalALLAHU alaihi Wassallam yaitu berbekam (HIJAMAH), tetap semangat semuanya seoga ALLOH memberikan kesembuhan buat kita semua http://bilikcinta.wordpress.com/2009/04/02/herbal-yang-direkomendasikan-untuk-penyembuhan-berbagai-jenis-kanker-tumor/
    http://www.deherba.com/

  29. sebenarnya penyebab kanker tu apa ya??klo dah stadium 3 apa masih bs di obati &benqr2 senbuh

  30. dok sy salah satu penderita tumor otak status jinak
    setaip kali nyeri kepala sy merasa sakit dan pandangan selalu berkunang kunang
    apakah ada solusi untuk operasi atau obat pencegah sakitmohon saran

  31. dok sy salah satu penderita tumor otak status jinak
    setaip kali nyeri kepala sy merasa sakit dan pandangan selalu berkunang kunang
    apakah ada solusi untuk operasi atau obat pencegah sakit mohon sarannya
    apakah apakh ada therapy khusus tumor otak jinak ?,krn setiap kali di sinar utraviolet di dr Hendro susilo
    apa jenis tumor ini dok
    terima kasih atas penjelasannya saya tunggu di email atau hub 08993709598
    apakah anak saya kelak kemungkinan bisa kena penyakit ini

  32. dok saya mau nanya. apa tumor itu bisa tumbuh dibagian tubuh lainnya?berapa lama biasanya reaksi tumor tersebut baru disadari oleh penderita? apakah setelah bertahun – tahun?

  33. dok sy perderita tomor otak jinak
    sy sering merasa nyeri di kepaka bag belakang dan terkadang penglihatan sy kabur dan merasa mual tapi tidak mutah

  34. dok … bapak saya penderita tumor otak .. usianya 72 thn .. stlh di ct scan (24 juli 2009) dan mendengar penjelasan dokter spesialis tumor (27 or 28 juli 2009) .. dikatakan tumornya termasuk jenis tumor ganas .. dan sudah menyebar sehingga menekan otak bapak .. adapun efek yang dirasakan bapak saya adalah pusing/sakit kepala dan mual .. efek ini mulai dirasakan bapak saya sekitar tanggal 20 juli 2009.

    dokter spesialis itu mengatakan .. untuk kondisi seperti bapak saya .. berdasarkan buku atau literatur yang beliau baca … usia bapak mungkin tidak sampai 3 bulan lagi .. jadi kalau pun bapak menjalani pengobatan spt kemoterapi atau penyinaran hasil nya tidak akan banyak membantu .. lebih lanjut dokter tsb mengatakan tidak ada yang bisa dilakukan untuk penanganan bapak saya … lantas … beliau menyarankan agar bapak dirawat di rumah aja .. alasannya, sayang biaya ..

    setelah saya kemukakan bahwa bapak sering mual setiap kali makan atau bubur … dokter tersebut memberikan resep obat untuk mengurangi sakit kepala dan mual … lantas … dengan masih bingung mendengar penjelasan doter tsb, saya pun membawa bapak ke rumah dengan membawa obat yang diberikan dokter ..

    memang kami bukan termasuk dalam keluarga kaya .. bapak saya adalah pensiunan salah satu bumn .. namun biaya perawatan baik itu rawat inap (kelas 3), operasi maupun obat2an .. seluruhnya (100%) ditanggung oleh perusahaan .. jadi semestinya alasan biaya spt yg dikatakan dokter tersebut tidak menjadi masalah buat keluarga kami (hal ini tidak sempat saya sampaikan ke dokter spesialis tersebut, mungkin karena saya masih bingung apa sih maksud dokter mengatakan bapak dirawat di rumah saja).

    justru .. harapan saya dan keluarga membawa bapak ke dokter spesialis tsb adalah bapak mendapatkan perawatan di rumah sakit .. minimalnya bapak mendapatkan asupan dari cairan infus atau apa saja .. yang penting tubuh bapak saya menerima asupan .. karena setiap kali keluarga menyuapi bapak makanan, baik itu berupa bubur atau air minum .. tak lama kemudian bapak kembali muntah .. karena efek mualnya itu (kata dokter spesialis tsb).. eh sayangnya .. dokter malah menyarankan bapak di rumah saja ..

    ini adalah hari kedua bapak dirawat di rumah setelah saya membawa bapak ke dokter tsb .. obat dari dokter telah diminum .. namun .. hasil tetap sama ..

    yg ada di pikiran saya adalah kita yg sehat saja kalau tidak menerima asupan (makan minum) bakal sakit .. apalagi bapak saya .. karena setiap kali terasa mual .. makanan dan minuman yang baru saja dimasukan keluar lagi .. hal inilah yg mencemaskan saya dan keluarga ..

    kira2 .. penanganan seperti apa yang diperlukan bapak saya ? .. dan dibawa kerumah sakit mana ?

    sampai saat ini saya dan keluarga belum mengatakan kepada bapak .. ttg penjelasan dari dokter spesialis tsb .. karena sebelum dokter spesialis memberikan penjelasan .. bapak disuruh menunggu diluar dan hanya saya dan kekak saya yg boleh masuk .. akhirnya saya hanya diam ketika bapak bertanya .. apakah rumah sakit itu tidak mau merawat bapak ? .. mohon sarannya dok .. apakah saya perlu mengatakan penjelasan dokter tsb ke bapak saya ??

    oh ya .. ada lagi yang membuat saya bingung .. dokter spesialis tsb mengatakan bahwa pengobatan kanker dengan cara kemoterapi tidak menjamin bahwa kanker akan bersih secara tuntas .. hal ini beliau katakan setelah mendengarkan penjelasana dari saya bahwa bapak saya sebelumnya menderita kanker paru2 telah selesai menjalani pengobatan kemoterapi di sebuah rumah sakit di jakarta dikatakan bahwa kanker di paru2 bapak saya sudah bersih … jadi mana yang benar dok ..

    beliau juga sempat menanyakan merk obat kemoterapi yg diberikan .. saya jawab bahwa saya tidak tau merk obatnya .. yang saya tau .. setelah saya bayar obat itu lalu obat (sekitar Rp 8-9 jt) dimasukkan ke dalam cairan infus dan setelah cairan infus habis bapak boleh pulang .. pengobatan ini berlangsung selama 6 atau 7 kali .. berkahir sekitar bulan februari – maret 2009 .. memang setelah bapak menjalani pengobatan di rumah sakit tsb .. kondisi bapak kembali membaik .. dalam artian bapak bisa beraktivitas seperti biasa .. apakah saya mesti tau jenis/merk obat kemoterapi yang berikan kpd bapak ..

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas penjelasan .. saya tunggu balasannya dialamat email saya ..

  35. Dok, saya suka sekali mengalami sakit kepala, awalnya sih tidak terlalu sakit, lama-lama terasa sangat sakit, belakang leher saya juga terasa pegal. Dulu saya suka berpikir dengan cepat tapi sekarang bila berpikir saya membutuhkan waktu yang agak lama. menurut dokter apa yang seharusnya saya lakukan? bila berobat saya tidak tau kemana? apa saya memderita tumor juga?

    • Dok, saya sering kali pusing, apalagi ketika suasana tegang sedikit karena banyak pekerjaan. kepala langsung pusing agak parah disisi kanan atas kuping. terkadang memang muncul rasa mual. ketika pusing menyerang badan terasa dalam kondisi tidak stabil (seperti limbung). pada saat saya konsul dengan Dokter beliau menebak karena saya banyak pikiran juga tidK BIS menejemen emosi. disarankan untuk mengatur emosi diri. dalam hati saya menjawab pusing ini secara tiba-tiba lho muncul meski saya tidak sedang marah atau instabilitas emosi lainnya. saya hanya bisa mengeluh pada suami. ketika helm saya baru, saya pakai berapa menit kemudian pusing menyerang, sampai saya begitu ogahnya pakai helm itu. Dok tolong kasih tau seberapa kita harus mencurigai/mewasspadai pusing yang terjadi pada diri kita. Trimakasih banya atas jawabannya.

    • Dok, saya sering kali pusing, apalagi ketika suasana tegang sedikit karena banyak pekerjaan. kepala langsung pusing agak parah disisi kanan atas kuping. terkadang memang muncul rasa mual. ketika pusing menyerang badan terasa dalam kondisi tidak stabil (seperti limbung). pada saat saya konsul dengan Dokter beliau menebak karena saya banyak pikiran juga tidK BIS menejemen emosi. disarankan untuk mengatur emosi diri. dalam hati saya menjawab pusing ini secara tiba-tiba lho muncul meski saya tidak sedang marah atau instabilitas emosi lainnya. saya hanya bisa mengeluh pada suami. ketika helm saya baru, saya pakai berapa menit kemudian pusing menyerang, sampai saya begitu ogahnya pakai helm itu. Dok tolong kasih tau seberapa kita harus mencurigai/mewasspadai pusing yang terjadi pada diri kita. Oh ya dok, pandangan mata saya sepertinya juga menurun, daya ingat menurun, apalagi mengingat nama seseorang meski seringkali bertemu. Trimakasih banya atas jawabannya.

  36. dok,saya akhir-akhir ini sering sakit kepala,dan sakit itu kadang sampai terasa urat kepala ditarik dan nafsu makan berkurang. apakah ini merupakan gejala awal tumor otak? terima kasih.

  37. dok,apkah tumor otak bisa di sembuhkan…??? dan ada obat nya gx…???

  38. Dok, saya blkngan ini sering mengalami nyeri dbagian blkng kepala sebelah kanan..
    Dan saya mulai lambn dlm menerima infrmasi dari org-org..
    Terutama pd saat guru saya menerangkan pelajaran..
    Bahkan terkadang saya lupa dgn apa yg disampaikan oleh guru saya itu. Padahal jrak waktunya mungkn tdk sampai 1 menit, ttpi saya sudah lupa..
    Apakah saya ini menderita tumor otak dok ??
    Padahal saya sekarang msh berumur 16thn..

    Saya mohon jwbn dari dokter..

    Saya takut dok, skarang yg ada dipikiran saya cuma itu..

    Trimaksh sblmnya..

  39. dok…sy nggak tau knapa,,tapi akhr2 ini saya sering pusing tak tertahankan dan gampang pingsan. 2 minggu ini saya sudah 2 kali pingsan,,padahal tekanan darah saya normal…mohon bantuannya. trimakasih

  40. dok , saya mau tanya .
    saya mengalami sakit kepala sejak 5 tahun yg lalu ,rasa nyeri yg saya rasakan sakit sekali terkadang saya hmpir pingsan .
    saya ga kuat dgn itu semua , suatu hari sakit itu kambuh & saya mengeluarkan dr mulut .
    saat ini saya berobat , dokter itu bilg kalo saya trkena chephalagia & pnyempitan pembuluh darah otak kecil .
    apa saya itu terkena tumor otak ???????
    jika iya , tolong beri saya solusi nya .
    dan , berapa persen kemungkinan sembuh untuk tumor otak .

  41. saya wanita berusia 18th.
    saya mula merasakan sakit kepala pada saat saya usia 13th. awalnya rasa sakit itu hanya ada di bagian belakang kepala n merambat ke sebelah kanan.
    rasa sakit itu semakin sering saya rasakan saat saya memasuki usia 15th.
    di usia saya yg ke 16th saya pernah mengalami pingsan untuk yg pertama kalinya diiringi dengan rasa mual, kepala yang terasa ringan n pandangan mata yang mulai tak jelas..
    sekarang rasa sakit itu selalu muncul dengan mendadak tanpa sebab yang pasti, dan sakit itu lebih sering menyerana kepele belakang n menyebar kebagian kanan…
    ooooiiiyyyyaaaa, dulu kurang lebih saat usia saya 8th saya pernah mengalami benturan keras di kepala belakang sampai pandangan mata mata saya sempat kabur saat bermain, tapi kejadian itu tak pernah saya laporkan kepada orang tua saya.
    appa sakit itu efek dari benturan itu ????
    walau itu dah lama berlalu…

    saya tukud klo itu adalah tumor…
    tapi appakah itu tumor dok????
    mohon jawabannya n TRIMAKASIH….

  42. saya wanita berusia 16 thn..belakangan ini saya sering merasakan nyeri yang tak tertahan dibagian belakang kepala.. saya merasakan nyeri itu saat malam hari…saya jg sering lupa akan apa yang akan saya katakan….knp y???
    apakah saya menderita tumor otak….
    terima kasih……

  43. dok,,,,,
    saya sering kali mengalami gangguan pada kepala saya.
    kepala saya sering nyeri pada saat tiba2.sakit iti muncul ketika aku sedang beraktifitas.penyakit ini sering muncul d dahi dan d kepala blakang

  44. dulu saya jatuh dari motor,trus di kepala bagian blakang saya trdapat benjulan diakibatkn krn terjadi benturan dkepala,,dan akibat benjulan itu sy sring mgalami skit kpla yg luar biasa,,termasuk pnyakit ap??
    Thankz

  45. dok saya bru umur 19thn…
    sya dag d diagnosa tumor otak tapi stadium awal….
    awalnya cuma sakit kepala tpi kesemutan gitoe,,,
    lo dag kmbuh sakit banget…..
    mual muntah hampir tiep masuk makanan….
    pa sa sembuh dok dngan therapy oral ajag….????/

  46. dok, saya punya teman, dia sering sakit kepala yg amat sangat sampai dia tidak tahan lagi . sakit kepala itu menyerang setiap malam hari, kejadian itu berlangsung setelah dia mengalami kecelakaan dan pernah dioperasi bagian otak nya. pertanyaan saya, apakah ada pengaruh nya dengan kecelakaan itu? dan penyakit apa yg dideritanya??

  47. Dok, sejak hari kamis lalu artinya sudah limahari saya selalu merasakan nyeri di bagian kepala belakang kanan bawah, nyerinya terasa setiap di atas jam 7 pagi, kalo sore sudah tidak terasa. Namun nyeri dipagi hari ini sangat menganggu kegiatan di pagi hari saya terutama karena saya kerja. FYI sepuluh hari yang lalu saya baru terserang cacar air. apakah ini ada hubungannya dengan nyeri kepala saya?? Mohon informasi dok…

  48. dok…apkah..dengn..melakukan operasi..tumor.otak…bisa sembuh

  49. dok,apakh tmor otak bisa myrng rmja usia 14 thn? tLg jwb scptnya dok sblm’y term ksh..

  50. terimakasih informasinya..

  51. Dokter
    saya punya orang tua yang sedang sakit lumpuh badan sebelah kanan
    setelah berobat ke dokter A dia di vonis menderita stroke, dan kami sudah melakukan terapi stroke selama sebulan. Seminggu yang lalu kami ingin check up kondisi kesehatanya, berhubung dokter A sedang cuti kami konsultasi ke dokter B, setelah diperiksa dari hasil CT scannya dokter B mengatakan ayah saya menderita kangker otak dan menunjukan surat rujukan dokter radiologi yang mengatakan kemungkinan bisa keduanya , tentu kami sekeluarga bingung, karena treatment untuk stroke dan kangker tentu sangat berbeda.
    Pertanyaanya sebagai orang awam bagai mana kita memastikan perbedaan kedua penyakit diatas? Karena kami t
    idak bisa membaca hasil CT scan yang ada,
    apakah kami perlu opini dokter ke 3 dan melakukan pemeriksaan CT scan ulang?
    Sebelumya terimakasih banyak dok

  52. saya sering nyeri kepala di bag belakang
    nyeri itu dtg tiba2 biasanya saat saya bgun tdur dan stelah atau akan melakukan sesuatu
    apa itu jga tumor otak?

  53. [...] klik di sini [...]

  54. dok, saya udah hampir 3 tahun merasakan nyeri dibagian kepala depan dan belakang. nyerinya mulai terasa pagi-pagi, itu kadang-kadang bisa sampai 2 hari ga sembuh2, kemudian saya merasakan mual, tapi tidak muntah..
    apa itu gejala tumor juga dok..
    mohon jawabannya..
    trim’s

  55. ass….gini mba sayasering sekali pusing…dah gitu sering datangx tiba-tiba gitu,,,apa itu ternasuk gejala tumor otak juga????emosinya cepet naek juga,,kadang2,,suka..ga juga,..kemaren dah di periksa k dokter ,,cuman di kasih obat rsa sakit dwng,,di suruh ke sana agie,,klw msh sakit,katanya takut aa benjolan gitu,,,tolong kasih jwban secepatnya ya mba….makasih ya mba…

  56. Saya sangat trauma apa yang saya alami sekarang, penyakit yang satu ini sedikit aneh dan say terus membayangkan jangan jangan ini adalah gejala tumor atau kanker.

    Gejalanya adalah rambut rontok terjadi 3 titik di kepala, di kepala sebelah kiri bagian belakang adalah yang paling parah.Namun tidak terasa sakit apapun sempat tumbuh kembali tetapi tidak seperti biasany agak halus dan jatuh kembali.

    Saya sudah coba pakai beberapa merek sampooh tapi hasilnya tetap saja bahkan bertambah rontok.Bapa, Ibu tolong bantu saya penyakit apa sebenarnya yang saya alami sekarang, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

    Saya sangat mengharapkan bantuan saudara saudari demi penyembuhan penyakit saya in.

    Atas perhatiannya saya limpahkan terima kasih.

    Elias,
    Dili – Timor Leste.

  57. saya mau bertamya… apa yang mempunyai penyakit ini bisa hidup lebih lama ??? berapa lama dia bisa hidup ???
    gejala yg di alami : penglihatan tiba2 saja hilang, pusing yang nyeri,dll. apa itu ????

  58. dok saya kerap kali skit kpala….. mulai smp tp gak kayak sekarang…
    dulu2 sih hanya sepintas tp skarang hampir tiap hari.. mulai siang ampek mlam tp yang paling dasyat pas mlam hari mo tidur… biasanya sih cuman sebelah kiri tpi lok udah parah semua bagian kepala… rasanya berat di blakang kepala.. skitnya sampai telinga dan mata… lok pas skit q cman minum obat pereda sakit kayak bodrek,paramek,or oskadon tapi cuman tahan sebentar trus skit lagi….
    dok ni pa da hubunganya ma tumor otak pa enggak? tolong bales d e-mail saya ya dok…..

  59. Dok,saya sering sekali sakit kepala sebelah saya pikir migren.SAkit kepala ini bermula karena saya pingsan dan jatuh,kepala saya terbentur lantai,kira2 sdh 8 tahun yang lalu.Saya sudah melakukan CT Scen dan hasilnya nihil dan dokter pun tidak bilang apa2,hanya bilang sakit kepala biasa, tapi yang saya alami bila sakit kepala saya sedang kambuh sakitnuya luar biasa.Kira2 saya sakit apa yah dok…? Trus apa yang harus saya lakukan…?

  60. dok,saya sering mengeluh nyeri kepala pada bagian frontal sebelah kiri. jika nyeri muncul, mata sebelah kiri sakit dan rabun terus kaku pada gigi dan rahang sebelah kiri… susah tidur pada malam hari… dan itu sudah terjadi selama hampir satu bulan.kira kira saya sakit apa dok? terus apa yang harus saya lakukan? terimakasih

  61. dok, sekita 1 bulan terakhir ini kepala saya sering terasa sakit, sudah saya periksa ke dokter tapi jawaban dokter ga ada penyakit yang serius tapi saya ragu dengan jawaban itu. gejala seperti mudah tersinggung, emosinya labil, pelupa, lamban dan kurang inisiatif, serta depresi terjadi pada saya. saya sering merasa sakit di kepala bagian belakang dan samping kanan – kiri, lama kelamaan menyebar ke seluruh kepala. kira2 sakit apa saya, dok?dan apa yang harus saya lakukan?
    saya tidak berani memberitahu keluarga saya.

  62. rambut aku sering rontok trus klo tahi lalat bisa jadi tumor gak ya??

  63. dok,tanda-tanda merujuk pasien tumor otak ini apa saja ya???
    trimakasih

  64. salam Dr. sy mmpunyai seorang anak perempuan bernama Puteri Sabrena Ardani. Usia 14 tahun. Anak ke 3 dr 5 orang adik beradik. Since 4thn dia sudah hidapi penyakit Neprotic Syndrome.Ubatan yg Dr syorkan adalah Prodnosolone shingga usianya 10thn. Lately ini dia sering sakit pinggang maksud sy di keliling pinggangnya on-off sakitnya. Dan sekarang dia sering banget sakit di otak bahagian atas. Dan sering jugak rasa loya2 ditekak. Di sekolah jugak sering nak ingin rasa pengsan. Tolong Dr apa sih yang perlu sy lakukan terhadap anak sy yang sy sayangi. Terima kasih banyak2.

  65. di kepala saya tumbuh benjolan,,kata dokter itu tunor ganas karena tumbuh semakin membesar..namun, saya tidak mau menjalani operasi pengangkatan karena ayah saya juga menderita penyakit serupa dan setelah ayah saya menjalani operasi bukannya sembuh malah tumr tersebut semakin tumbuh parah dan tak terkendali hingga pada akhirnya ayah saya meninggal,,
    saat ini benjolan di dekat otak kiri saya sudah sebesar biji salak dan saya terkadang merasa pusing dahsyat, mual2 dan nyeri di kepala..
    teman2 saya jg sering mengeluhkan karena saya emosional, pikun, dan lamban (lola).
    saat ini saya sama sekali tidak ingin memeriksakan kondisi saya sejauh ini karena takud mengetahui kenyataan dan saya tidak ingin berakhir seperti ayah saya..
    yg saya lakukan hanya meminum jamu kunir putih gula sarang semut yang bisa sedikit mengobati penyakit kanker atau tumor.
    selain itu,,saya juga sering berusaha untuk senantiasa berpikir positif..danmenjauhkan diri dari pikiran negatif..tambah berdoa pd ALLAH SWT supaya penyakit yang saya derita tidak berkembang menjadi lebih parah..amien

  66. sebelumnya memang saya sering sekali merasa pusing sejak dulu, tapi semenjak saya tertimpa masalah yang bertubi2, menjadikan rasa pusing itu semakin menjadi, dengan beberapa tanda2 yang saya baca diatas.
    dok, apa tumor bisa muncul akibat mengalami depresi berat??

  67. serem banget jangan sampai

  68. dok,,,,,,,,,,,,,,,,
    saya mau tanya
    pa penyakit ne positip kankeer tau tidak,
    saya sering mual,emosi kepala saya sakit eperti di gigit2
    dah tu ka dang lupa , tiba-tiba jatuh tanpa sadar,,,,,,
    dah tu lau kepala saya dah terasa sakit, pada mata jg tertarik seperti mau pejamkan mata aja,pada otak dan badan jg ikut terasa,
    kadang dengar y ribut ga bisa….
    trimakasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: