Hati-hati! Salah Makan Bisa Picu Keputihan

Di bulan puasa, umumnya jenis makanan yang dikonsumsi cenderung kurang serat dan tinggi gula. Sehingga, jumlah dan frekuensi buang air kecil juga berkurang serta dapat terjadi konstipasi (sulit buang air besar) karena kurangnya asupan cairan. Kondisi inilah yang dapat mempengaruhi risiko keputihan akibat infeksi jamur.

Dr dr Dwiana Ocviyanti SpOG (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM menjelaskan, pembatasan jumlah gula dalam makanan clan minuman dapat menurunkan risiko infeksi jamur vagina. Selain gula, membatasi konsumsi sirop, makanan yang mengandung asam cuka, kacang tanah, kacang mede, kecap, susu, softdrink, kopi, dan teh, juga bisa menurunkan infeksi jamur vagina.

Makanan yang membantu proses penyembuhan dan mencegah infeksi jamur vagina di antaranya adalah makanan probiotik seperti yoghurt atau suplemen probiotik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan di bulan puasa untuk mencegah infeksi jamur vagina, yakni asupan cukup cairan, minimal 8 gelas per hari, asupan cukup serat dari buah clan sayuran, serta hindari makanan yang mengandung tepung clan gula tinggi. (@Kompas.com)

~ oleh admin pada 8 September 2009.

Tinggalkan komentar