Bosscha Perkirakan Puasa Ramadhan Mulai 24 September 2006

Bandung (ANTARA News) – Observatorium Bosscha Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB) memperkirakan puasa Ramadhan 1427 Hijriah akan dimulai pada 24 September 2006 berdasarkan perhitungan astronomi.

Pakar astronomi Observatorium Bosscha F-MIPA ITB, Moeji Raharto, kepada ANTARA News, di Bandung, Selasa, mengatakan bahwa berdasarkan perhitungan astronomi, maka pada 24 September 2006 merupakan pelaksanaan hari pertama puasa, sedangkan pada 23 September 2006 merupakan Shalat Tarawih pertama.

Menurut dia, pelaksanaan hilal agaknya tidak bisa dilakukan pada 22 September 2006, karena terbitnya bulan lebih cepat enam menit dibandingkan terbenamnya matahari.

Ia mengatakan, ijtima pada 22 September 2006 terjadi pada 18.45 WIB, ketika kedudukan bulan di seluruh Indonesia masih berada di bawah cakrawala atau horizon.

“Dengan demikian, untuk melakukan hilal sendiri tidak bisa dilakukan pada 22 September tersebut, melainkan pada 23 September 2006”, katanya.

Sementara itu, Kepala Observatorium Bosscha F-MIPA ITB, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengamatan hilal bersama-sama tim dari Departemen Agama (Depag), dan dijadwalkan dibawa ke sidang itsbath (penetapan) dimulainya puasa Ramadhan 1427 Hijriah.

“Kegiatan pengamatan hilal tersebut sudah rutin dilakukan oleh Observatorium Bosscha bersama-sama dengan Depag”, katanya.

Dalam pengamatan hilal itu bisa saja terganggu oleh keadaan cuaca, apalagi berawan ketika tenggelamnya bulan sangat rendah, tambahnya. (*)

~ oleh admin pada 30 Agustus 2006.

2 Tanggapan to “Bosscha Perkirakan Puasa Ramadhan Mulai 24 September 2006”

  1. gmana klo puasa tgl 23 sept . trus lebaran 23okt ??

    ultah gw tuh pas lebaran

  2. assalamualaikum.sy masturah dr uni. islam antarabangsa malaysia. pd 22 nov 2006 kami bercadang utk melawat bosscha. jadi, bole sy daptkan alamat lengkap, nama person in charge, no telefon, dan fax bosscha?
    sekian terima kasih
    harap mendapat balasan anda secepat mungkin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: