ENNEAGRAM OF PARENTING, Sukses Mengasuh Anak Sesuai dengan 9 Gaya Kepribadiannya

Sumber: Tabloid Nakita
Pengarang : Elizabeth Wagele
Judul asli : Why The Enneagram of Parenting: The 9 Types of Children and How to Raise Them Succesfully ( HarperSanFrancisco , New York, 1997)
Penerjemah : Leinovar Bahfein
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
Tebal : 220 halaman

Enneagram yang berarti suatu gambar dengan sembilan titik, berawal di Timur Tengah sekian abad lalu. Studi ini kemudian diadaptasi sebagai suatu tipologi kepribadian oleh Oscar Ichazo dan Claudia Naranjo di tahun 1970-an. Menurut Enneagram , setiap individu memiliki unsur-unsur kesembilan tipe namun dengan kadar yang berbeda-beda. Kesembilan tipe yang dimaksud adalah perfeksionis, penolong, pengejar prestasi, romantis, pengamat, pencemas , petualang, pejuang dan pendamai .

Penggunaan Enneagram pada anak-anak bertujuan untuk membantu para orangtua. Tepatnya untuk mengembangkan kesadarannya mengamati tipe dan karakter buah hatinya. Selanjutnya orangtua diharap mampu menerima keberadaan anak sesuai tipe dan karakternya. Dengan demikian pengasuhan akan berjalan dengan baik.

Tentu saja perlu disadari bahwa anak-anak berkembang sesuai proses alamiahnya. Oleh sebab itu orangtua janganlah terpaku pada satu kepribadian saja seperti yang tergambar di Enneagram , semisal anak lebih condong ke pemalu, dan lantas mengabaikan potensi-potensi yang lain. Sebab, sering kali seorang anak menunjukkan karakteristik yang berbeda-beda. Nah, tugas orangtualah mengamati kecenderungan tersebut untuk kemudian membantunya dalam proses tumbuh kembang.

~ oleh admin pada 2 Oktober 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: