Komik Tintin Untuk Kerajaan Dilelang Rp112 Juta

Brussels (ANTARA News) – Sebuah edisi komik petualangan Tintin yang dipersembahkan sang penciptanya untuk mendiang Raja Belgia, Leopold III, terjual seharga 9.600 euro (sekitar Rp 112 juta) dalam lelang Sabtu, demikian pernyataan Galerie Moderne di Brussels.

Cerita petualangan reporter pemberani tahun 1968 berjudul “Vol 714 pour Sydney (Flight 714 to Sydney)” itu sebelumnya diperkirakan hanya mencapai harga 7.000-9.000 euro.

Buku komik tersebut adalah salah satu edisi terbatas di antara 250 lainnya. Hal yang paling menarik minat para kolektor adalah imbuhan tanda tangan Herge yang didedikasikan kepada Raja Leopold dan isteri keduanya, Ratu Lillian, yang tercantum dalam buku itu, kantor berita Belga melaporkan.

Galerie Moderne mengatakan album yang menjadi sangat berharga karena dedikasinya itu belum pernah dilelang selama 20 tahun.

Hasil ciptaan kartunis Herge (bernama asli Georges Remi), Tintin saat ini merupakan salah satu tokoh komik paling dikenal luas dan dicintai bersama tokoh pendukung lainnya seperti si anjing setia Snowy.

Tokoh reporter tersebut – yang hanya sekali terlihat mencatat kisahnya selama perjalanannya – pertama kali muncul pada 10 Januari 1929, dalam sebuah suplemen komik suratkabar Brussel Le Vingtieme Siecle.

Edisi pertama itu yang berjudul “Tintin in Land of the Soviets” diikuti oleh 23 album lain, termasuk satu yang belum sempat terselesaikan karena kematian Herge tahun 1983. Kisah Tintin telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa dan terjual lebih dari 200 juta kopi di seluruh dunia.

Lebih dari 300 kumpulan buku cerita bergambar terjual dalam lelang tersebut dan buku yang didedikasikan kepada Raja Leopold, ayah Raja Belgia King Albert II yang sedang bertahta itu, tidak diragukan menempati posisi puncak.

Sebuah ilustrasi sampul orisinal edisi tahunan Tintin 1951 terjual dengan harga 32.400 euro, juga melampaui perkiraan.

Sebuah sketsa sahabat kepercayaan Tintin, Kapten Haddock, terjual dengan harga 3.120 euro, lapor Belga. (*)

~ oleh admin pada 4 Oktober 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: