Standar keselamatan penumpang udara

Kecelakaan pesawat Adam Air dengan penumpang lebih dari 100 orang tanggal 1 Januari 2007 di Sulawesi Barat mengingatkan kembali pentingnya memperhatikan keselamatan penumpang dalam perjalanan udara.

Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo mengatakan kepada BBC, penghematan dan efisiensi di maskapai penerbangan tiket murah berdampak terhadap kinerja pilot dan teknisi perawatan pesawat.

Seorang pilot juga mengakui bahwa terjadinya kelalaian dalam memperhatikan keselamatan penumpang itu bukan semata-mata kesalahan pilot. Sistem dimana pilot itu bekerja mempengaruhi cara kerjanya. Oleh karena itu pembenahan tidak hanya dari faktor pilot atau teknisi perawatan tetapi sistem dan budaya dimana maskapai penerbangan itu beroperasi.

Lalu bagaimana mempertahankan standar keselamatan penumpang bagi setiap maskapai penerbangan khususnya perusahaan penerbangan dengan tiket murah bisa dijaga ? Apa upaya yang bisa dilakukan untuk semua maskapai penerbangan? Apa tindakan terhadap para pelanggar standar keselamatan ini ?

Kirim pandangan Anda dengan menelpon nomor telpon bebas pulsa BBC di 0800 140 12 28 pada hari Selasa dan Jumat setelah pukul 18.30 WIB dan 20.30 WIB.

Sampaikan komentar atau pendapat anda setelah mendengar rekamanan pesan dari kami.

Anda juga bisa mengirim pandangan anda ke email indonesian@bbc.co.uk atau mengisi formulir di sebelah kanan. Jangan lupa nama dan asal kota Anda.[BBC Indonesia]

~ oleh admin pada 12 Januari 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: