Mystic River

Judul Buku:Mystic River
Penerbit : Serambi , Jakarta

Mystic River

Ini memang novel dari film berjudul sama yang membuahkan Oscar bagi Sean Penn sebagai Aktor pemeran utama terbaik di Academy Award 2003. Film yang disutradarai oleh Clint Eastwood itu didasarkan pada novel yang ditulis oleh Dennis Lehane pada tahun 2002 ini. Versi bahasa Indonesia diterjemahkan oleh Mita Yuniarti dan Mikaela Nadia, disunting oleh Anton Kurnia. Diterbitkan oleh Serambi dalam 640 halaman, Februari 2007.

Filmnya sendiri aku belum sempat nonton. Meskipun sebenarnya setelah membaca novel seorang gini aku sudah beli filmnya, karena pengen tahu juga bagaimana imaginasi Clint Eastwood memvisualisasikan cerita yang penuh konflik ini hingga menghasilkan sejumlah nominasi bergengsi di ajang Oscar.

Bayangan Masa Lalu
Novel ini terbagi dalam 2 setting waktu.
Bagian pertama bersetting pada tahun 1975. Berkisah tentang masa kecil Jimmy Marcus, Sean Devine dan Dave Boyle sebagai teman sepermainan. Jimmy adalah anak bandel yang suka mencoba2 melakukan perbuatan yang dianggapnya keren meskipun sebenarnya melanggar hukum. Sementara Sean yang dididik dengan standar moral yang lebih baik sering menentang keinginan Jimmy. Dan Dave adalah anak yang lebih kecil yang lebih sering menjadi pengekor.

Suatu hari saat Sean dan Jimmy bertengkar di jalanan dekat rumah Sean, sepasang polisi bermobil melerai mereka. Dave yang mengaku tidak tinggal di sekitar situ disuruh naik ke mobil para polisi itu. Sean dan Jimmy disuruh segera pulang ke rumah masing2. Dan Dave baru kembali ke rumahnya empat hari kemudian…

Selanjutnya waktu melompat ke dua puluh lima tahun kemudian pada tahun 2000. Sean telah menjadi seorang Polisi bagian pembunuhan. Satu saat dia mendapatkan kasus ditemukannya mobil penuh darah di sebuah taman kota. Di dalam mobil itu terdapat identitas bernama Katie Marcus, anak perempuan pertama kesayangan Jimmy Marcus.

Jimmy Marcus sendiri saat itu memiliki sebuah toko kelontong yang cukup ramai dikunjungi orang. Toko itu ia miliki setelah ia bebas dari hukuman penjara beberapa tahun karena merampok sebuah bank bersama gerombolannya. Meskipun sudah mengambil jalan hidup yang lebih baik, Jimmy tetap disegani banyak orang. Terutama karena sekeluarnya dari penjara ia menikahi anak perempuan dari keluarga Savage. Keluarga yang anak2nya sering berurusan dengan polisi dan keluar masuk penjara.

Sementara Dave Boyle pada malam pembunuhan Katie, didapati oleh istrinya pulang ke rumah pada pukul 3 pagi dengan luka dan baju penuh darah. Benarkah Dave masih menyimpan luka dan dendam kepada Jimmy karena dia dibiarkan sendiri masuk ke mobil polisi itu dan disekap empat hari pada dua puluh lima tahun yang lalu ?

Kisah Pembunuhan Rumit
Sebuah kisah thriller memikat dengan cerita utama tentang pembunuhan misterius. Dengan petunjuk awal yang sangat minim dan samar, kasus itu ternyata sangat rumit untuk dipecahkan. Cukup rumit untuk mencari orang2 yang memiliki motivasi untuk membunuh Katie. Apakah mantan pacarnya? apakah musuh lama ayahnya? atau orang dari masa lalu?

Berjalin-jalin dengan kisah persahabatan dan trauma masa kecil dari para karakter utama membuat cerita ini sedikit gelap. Pertanyaan tentang apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu, saat Dave hilang, masih menghantui pikiran Sean dan Jimmy. Sementara Dave sendiri menutup2inya dan berusaha melupakan peristiwa itu. Adakah kisah masa lalu itu terhubung dengan kematian Katie? Jawabannya baru diberikan di halaman2 terakhir novel ini.

Pada ujung simpulnya, tampaknya pesan yang ingin disampaikan adalah jagalah pergaulan anak2 kita. Anak2 yang masih penuh rasa ingin tahu itu harus diberi batasan seberapa jauh mereka boleh bertualang. Karena pengalaman dan trauma buruk pada masa anak2 seringkali akan membekas hingga dewasa.

Penulis Thriller yang Piawai
Ada sedikit spoiler di sampul belakang novel ini. Bahwa Dave akhirnya dicurigai sebagai pembunuh Katie. Padahal kecurigaan itu baru muncul di sekitar pertengahan cerita. Jadinya sedikit mengganggu proses membaca karena pembaca akan sudah men-set pikirannya sesuai spoiler tersebut. Tapi apakah endingnya juga seperti itu? baca aja sendiri ya😀

Cerita yang dirajut oleh Dennis Lehane ini lumayan cukup berliku dan penuh dengan ‘twist’ disana-sini yang tidak disangka-sangka. Petunjuk2 awal yang mulanya terlihat mengarah ke satu titik, ternyata dibelokkan lagi oleh Lehane ke arah yang lain.

Karakter-karakternya terbangun cukup kuat dan konsisten. Detail cerita diperhatikan dengan cukup teliti selayaknya cerita2 misteri yang memerlukan banyak petunjuk dan penjelasan tentang kondisi dan kronologi setiap kejadian.

Dennis Lehane cukup piawai merangkai cerita penuh misteri ini. Dengan penuh kesabaran dia tidak membuka semua petunjuk pada saat yang sama. Satu demi satu dikuak seiring berkembangnya cerita. Pembaca dibiarkan penasaran dengan bagian2 cerita yang menggantung sebagian tanpa penjelasan. Penjelasan kadang baru akan diberikan beberapa bab di depannya. Dan memang cerita ini baru akan terasa utuh dan lengkap setelah semua bab terbaca.
Sumber: Serambi Online

~ oleh admin pada 25 Mei 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: