Rahasia Hidup Awet Muda

Gaya hidup sehari-hari ternyata dapat memengaruhi proses penuaan. Salah satunya dimanifestasikan dari cara kita yang kerapkali ceroboh dalam memilih konsumsi makanan sehari-hari. Ketagihan makanan atau minuman yang merusak kesehatan termasuk bentuk kecerobohan. Akibat kecerobohan itu, banyak orang merasa “tersiksa” sehingga harus rajin pergi ke salon-salon perawatan tubuh atau ke dokter spesialis kecantikan. Hidup seolah berada di bawah bayang-bayang ketersiksaan, tanya kenapa?!

Setiap orang sesungguhnya bisa melakukan sesuatu di rumah untuk memperbaiki penampilannya. Oleh karena itu, dibutuhkan nutrisi sebagai senjata penting melawan peradangan atau penuaan dini. Makanan yang kita konsumsi memberi bahan bakar bagi tubuh dan mempertahankan kerja sistem tubuh yang kompleks dan luar biasa yang membuat kita tetap hidup.

Nutrisi dibutuhkan tubuh dan otak untuk melawan penuaan. Otak harus diberi nutrisi agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal, memecahkan masalah, menjaga daya ingat agar tetap tajam, serta menimbulkan perasaan sehat dan sejahtera. Tubuh membutuhkan suplai protein kualitas tinggi dan lemak baik. Yang tidak dibutuhkan tubuh adalah gula dan karbohidrat glikemia tinggi. Makanan yang dapat secara cepat berubah menjadi gula berpotensi menyebabkan peradangan.

Selain itu, kurangnya mengonsumsi protein kualitas tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel. Dan, tubuh tidak mampu memperbaikinya. Sebagai ganti protein, umumnya kita mengonsumsi banyak makanan yang sebenarnya secara cepat dapat berubah menjadi gula dalam aliran darah yang selanjutnya menimbulkan respons peradangan secara tiba-tiba. Jadi, peradangan sama dengan penuaan.

Peradanganlah yang menyebabkan timbulnya kerutan, membuat kita menjadi lupa akan segala sesuatu, lupa meletakkan kunci mobil, lupa nama tetangga dan teman kita, kita menjadi orang yang mudah tersinggung dan stres, dan mudah menurunnya kondisi kesehatan kita.

Di samping protein sebagai bahan dasar untuk kehidupan, minyak zaitun juga merupakan komponen penting dalam program bebas-kerut. Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu makanan antiperadangan yang paling ampuh. Pohon zaitun dapat hidup ratusan tahun dan sering dapat memperbaiki diri setelah dibakar atau ditebang. Khasiat buah zaitun dan minyak zaitun sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu. Pada tahun 400 SM, filsuf Yunani Socrates meresepkan minyak zaitun untuk menyembuhkan maag, masalah kandung empedu, sakit perut, dsb (hlm. 86).

Peradangan juga bisa diakibatkan karena orang tidak lagi mau mengonsumsi lemak karena dianggap penyebab kegemukan. Pendapat ini salah. Asam lemak esensial seharusnya perlu dikonsumsi agar fungsi sel dapat berjalan optimal. Tubuh kita harus menjadi mesin yang memiliki bahan bakar bagus.

Dengan diet bebas-kerut model Perricone ini, kita akan mengetahui perbedaan antara lemak yang dapat merusak dan lemak yang merupakan kunci untuk hidup sehat. Bila sel-sel kita kekurangan asam lemak esensial yang diperlukan sebagai bahan bakar untuk mitokondria, tubuh kita tidak akan dapat membakar dan memetabolisme lemak yang kita konsumsi. Hasilnya, lemak akan tertimbun di paha, bokong, lengan atas, dan perut.

Program bebas-kerut yang digagas oleh Nicholas Perricone ini telah terbukti keajaibannya. Program Perricone akan memasukkan semua yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan kuat. Pada gilirannya, diet bebas-kerut akan memberikan pilihan terbaik untuk kesehatan kita yang tecermin dalam semua aspek kehidupan.

Sebenarnya, bukan hanya genetik yang menentukan kemampuan kognitif kulit yang bagus, tubuh atletis, dan temperamen. Genetik hanya memegang sebagian peran di sini. Selebihnya ditentukan oleh biokimiawi tubuh. Sebenarnya respons hormonal dan kimiawi dalam otak dan tubuh dapat kita tentukan. Makananlah kuncinya.

Makanan bekerja seperti otak dalam tubuh. Karena itu, makanan dapat meningkatkan atau menurunkan energi, mengacak-acak, atau meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan hiperaktivitas atau menimbulkan keletihan ekstrem. Makanan dapat membuat kita terjaga dan tertidur. Makanan memengaruhi setiap fungsi tubuh, dari kemampuan membakar lemak sampai mengatur hormon.

Makanlah hanya makanan yang ada di menu program bebas-kerut Perricone yang ditawarkan secara impresif dalam buku ini. Kita sangat dianjurkan untuk menghapus kopi sama sekali dari pola makan. Kopi dapat meningkatkan kadar kortisol dan insulin, yaitu hormon yang dapat mempercepat penuaan dan menimbun lemak tubuh. Gantilah dengan teh hijau, yang mengandung polifenol katekin, yaitu antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan memperlambat penuaan. Teh hijau juga dapat menghambat penyerapan lemak jahat sampai 30 persen.

Lebih penting lagi, kita harus minum sekurang-kurangnya dua gelas sepanjang hari. Itu agar kita tidak kekurangan cairan. Letakkan segelas air di meja kerja di kantor, sebotol air di mobil, atau sediakan di tempat yang mudah dijangkau saat Anda melakukan tugas rumah tangga atau memasak.

Dahsyatnya kerusakan sel disebabkan peradangan. Strategi mengurangi oksidasi stres melalui sel. Dengan melindungi selaput plasma sel untuk mencegah penuaan, menggunakan sumber nutrisi dari rumah, seperti salmon, minyak zaitun extra virgin, dan beragam suplemen antioksidan, kita dapat memerangi kerusakan akibat waktu pada wajah dan tubuh kita. Olahraga juga merupakan jalan yang sangat membantu.

Program Perricone ini dapat menjadi petunjuk jalan bagi kita agar tidak tersesat di belantara makanan yang menggoda yang terbentang dari angkringan atau warung lesehan sampai restoran. Buku ini layak dibaca, agar kita dapat menentukan pilihan tepat dalam memasukkan nutrisi ke tubuh kita saat memulai perjalanan untuk terbebas dari kerut sepanjang hidup. Semoga! (*)

Untuk lebih lengkap, silakan baca:

Judul Buku : The Perricone Prescription: Program Ampuh 28 Hari, Mempermuda Wajah dan Menyehatkan Seluruh Tubuh
Penulis : Nicholas Perricone, M.D.
Penerbit : Serambi, Jakarta
Cetakan : I, Maret 2007
Tebal :
298 Halama

~ oleh admin pada 6 Juni 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: