Tidur Siang Hari Dapat mengurangi Risiko Serangan Jantung

Diet tradisional ala Mediterania yang amat tinggi mengandung sayuran serta serat baik untuk jantung.

Tradisi Mediterania lainnya adalah tidur siang yang juga terbukti mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung, demikian laporan DPA.

Hal tersebut berdasarkan studi bersama yang dilakukan ilmuwan Yunani dan Amerika di Marburg yang merupakan markas dari “German Green Cross” (DGK/Palang Hijau Jerman).

Studi oleh Sekolah Kedokteran Athena di Yunani serta Universitas Harvard Jurusan Kesehatan Publik di Amerika Serikat tersebut dilakukan terhadap lebih dari 20 ribu orang Yunani yang berusia antara 20 tahun dan 86 tahun yang berpartisipasi dalam penelitian kanker Eropa.

Para peserta penelitian harus menjawab berbagai pertanyaan yang di antaranya adalah apakah mereka melakukan tidur siang dan seberapa sering.

Dari penelitian tersebut didapatkan orang yang suka tidur siang memiliki risiko kematian akibat sakit jantung 34 persen lebih rendah. Jika frekuensi tidur siangnya lebih banyak, maka risiko kematiannya akan lebih rendah, terutama untuk lelaki pekerja.

DGK memberi catatan, karena kesimpulan tersebut diambil dari “penelitian observasi prospektif”, bisa jadi faktor-faktor lainnya selain tidur siang juga dapat mengurangi kematian akibat sakit jantung. (*) ANTARA

~ oleh admin pada 19 Juni 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: